Apa Sih Tipe Data Dalam Pemrograman itu ?


Tipe data pada pemrograman

Semakakomputer, pada kesempatan kali ini saya akan membahas macam-macam tipe data dalam sebuah pemrograman, tipe data adalah kelompok data berdasarkan jenis-jenis tertentu. Dalam bahasa pemrograman, terdapat beberapa tipe data. Tipe data biasanya digunakan sebagai  penyimpanan sebuah data. Perlu diketahui terkadang beda bahasa pemrograman beda tipe data, akan tetapi berbedaan tersebut tidak lah jauh berbeda, fungsi dan manfaat terkadang hampir sama bahkan sama. Jika kawan-kawan sekalian ingin mahir dibidang pemrograman maka harus mengetahui tipe data apa saja yang akan digunakan sesuai kebutuhan program atau aplikasi yang dibuat. Langsung saja tidak usah bertele-tele silahkan di baca sampai selesai biar tidak ada dusta diantara kita J

1. Integer
Tipe data integer adalah tipe data yang berguna untuk menyimpan bilangan bulat, bukan desimal. Sebagai contoh (1),(2),(3),(4),(5),(-1),(-2),(-3),(-4) dan lain-lain. Tipe data ini memiliki range antara -2,147,483,648 sampai dengan +2,147,483,648 platform 32bit.
Namun bila terdapat data diluar jangkauan tersebut, maka secara otomatis PHP akan mengkonversikannya ke dalam tipe data Floating Point.
Integer merupakan Tipe Data yang berisikan bilangan bulat negatif dan positif atautanpa ada nilai pecahan.
Tipe ini juga dapat dinyatakan dalam bentuk oktal (berbasis 8), desimal (berbasis 10), heksadesimal (berbasis 16).

2. Double Floating
Tipe data floating point numbers biasa juga disebut dengan “double”, ” float” atau “real” adalah tipe data yang berguna untuk menyimpan bilangan desimal. Sebagai contoh (0.1),(1.3),(1.7),(1.8),(9.7),(2.4) dan lain-lain.

3. Boolean
Tipe Data ini adalah tipe data yang paling sederhana. Hanya berupa true atau false. Cara memasukan ke dalam variabel adalah dengan memberikan nilai true atau falsepada variabel tersebut. Penulisannya tidak dipengaruhi penggunaan huruf besar atau kecil. Setiap Tipe Data dalam PHP mempunyai Boolean untuk melakukan Seleksi Kondisi. dan Tipe Data tersebut akan memberikan nilai true atau false pada seleksi kondisi tersebut.

·Pada Variabel yang bertipe Data integer=0 (nol) mempunyai boolean false, selain itu true.
·Pada Variabel yang bertipe Data float=0.0 (nol) mempunyai boolean false, selain itu true.
·Pada Tipe Data string yang kosong, dan string="0" mempunyai boolean false, selain itu true.
·Array yang tidak mempunyai element mempunyai boolean false, selain itu true.
·Objek yang tidak mempunyai member mempunyai boolean false, selain itu true.
·Tipe NULL dan Variabel yang belum terisi mempunyai boolean false.

4. String
String adalah sebuah tipe data yang terdiri dari kata, bisa berupa kata tunggal maupun kalimat. Penulisan string harus diapit oleh tanda petik, baik petik tunggal(‘ ‘) maupun petik ganda (” “)

Perbedaan antara petik ganda dan petik tunggal adalah, ketika kita menggunakan petik tunggal maka variabel tidak akan terbaca nilainya. Beda halnya dengan penggunaan petik genap yang akan membaca nilai dari suatu variabel.

Jika string yang tertutup dalam tanda kutip ganda (” “), PHP akan menafsirkan escape sequence lebih untuk karakter khusus. Maka penulisan untuk karakter khusus tersebut harus ditambahkan slash didepan karakter tersebut.                                                               
5. Objek
Tipe data object dibuat dengan tujuan agar para programmer terbiasa dengan OOP. Tipe data object bisa berupa bilangan, variabel atau fungsi. Data ini dapat dimasukkan ke dalam kode program sehingga meringkas beberapa fungsi dan memperkecil ukuran file.

Keywords : tipe data dalam pemrograan, visual studio, vb6, delphi, android studio, pascal, web programming, php, java, phyton,


baca juga soal pemrograman klik disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Sih Tipe Data Dalam Pemrograman itu ?"

Posting Komentar