SILABUS (1)
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK PGRI 1 Mejobo Kudus
|
Bidang Keahlian
|
:
|
Pariwisata
|
Program Keahlian
|
:
|
Tata Kecantikan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Tata Kecantikan Kulit dan Rambut
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Kecantikan Dasar
|
Kelas/Semester
|
:
|
X / GASAL – GENAP
|
Durasi Waktu
|
:
|
|
Kompensi Inti
|
||
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kecantikan Kulit dan Rambut pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
KI 4
|
:
|
Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta
memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kerja Kecantikan
Kulit dan Rambut. Menampilkan kinerja
di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan
solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN KARAKTER
|
PENILAI
AN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
3.1
Menganalisis kulit wajah
4.1 Melakukan pemeriksaan kulit
wajah
|
3.1.1
Menjelaskan pengertian analisa dan teknik analisa
3.1.2
Meguraikan tujuan analisa
3.1.3 Menerapkan teknik
analisa
3.1.4
Menentukan jenis kulit wajah
3.1.5
Menganalisis kulit wajah
4.1.1
Menyiapkan alat dan lembar diagnose untuk analisa kulit wajah
4.1.2
Melakukan pemeriksaan kulit wajah
|
·
Mengetahui
pengertian analisa wajah
·
Mengetahui
pengertian tujuan analisa wajah
·
Mengetahui
teknik analisa wajah
·
Mengetahui
jenis-jenis kulit wajah
·
Mengetahui
cara menganalisa kulit wajah
|
3.1.1 Pengertian analisa wajah
3.1.2 Tujuan analisa wajah
3.1.3 Teknik analisa wajah
3.1.4 Jenis-jenis kulit wajah
3.1.5
Menganalisis kulit wajah
4.1.1 Persiapan alat dan lembar
diagnose untuk analisa kulit wajah
4.1.2
Melakukan pemeriksaan kulit wajah
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Analisa Kulit Wajah
·
Mengumpulkan data
tentang Analisa Kulit Wajah
·
Melakukan pemeriksaan
kulit wajah
·
Menganalisis kulit
wajah
·
Mengolah data tentang
Analisa Kulit Wajah
·
Mengomunikasikan
tentang Analisa Kulit Wajah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
·
penugasan
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
|
14 JP
|
1. Kusantati Herni, dkk. 2008. Tata Kecantikan Kulit
Jilid 1 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
2.Ermavianti
Dwi, dkk. 2016. Dasar Tata Kecantikan Kulit Untuk Sekolah Menengah Kejujuran
Program Keahlian Pariwisata. D.I.Yogyakarta: Chivita Books
|
3.5 Menerapkan
peralatan kecantikan kulit
4.5 Mengoperasikan peralatan kecantikan
kulit
|
3.5.1
Menjelaskan fungsi alat kecantikan kulit
3.5.2
Menguraikan macam-macam alat kecantikan kulit
3.5.3 Menjelaskan cara
penggunaan peralatan kecantikan kulit
4.5.1
Menyiapkan peralatan kecantikan kulit 4.5.2 Mengoperasikan peralatan
kecantikan kulit
|
·
Mengetahui fungsi
alat kecantikan kulit
·
Mengetahui macam-macam alat kecantikan kulit
·
Mengetahui cara
penggunaan peralatan kecantikan kulit
·
Mengetahui menyiapkan
peralatan kecantikan kulit
·
Mengetahui mengoperasikan
peralatan kecantikan kulit
|
3.5.1 Fungsi
alat kecantikan kulit
3.5.2 Macam-macam alat kecantikan kulit
3.5.3 Cara penggunaan peralatan kecantikan
kulit
4.5.1 Menyiapkan peralatan kecantikan kulit
4.52 Mengoperasikan peralatan kecantikan
kulit
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang peralatan kecantikan kulit
·
Mengumpulkan data tentang peralatan
kecantikan kulit
·
Mengoperasikan peralatan
kecantikan kulit
·
Mengolah data tentang peralatan kecantikan
kulit
·
Mengomunikasikan tentang peralatan
kecantikan kulit
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
·
penugasan
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
|
14
JP
|
1. Kusantati Herni, dkk. 2008. Tata Kecantikan Kulit Jilid 2 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
2.Ermavianti
Dwi, dkk. 2016. Dasar Tata Kecantikan Kulit Untuk Sekolah Menengah Kejujuran
Program Keahlian Pariwisata. D.I.Yogyakarta: Chivita Books
|
3.9 Menerapkan
metode pengurutan wajah secara manual
4.9 Melakukan
pengurutan wajah secara manual dengan berbagai metode
|
3.9.1
Menjelaskan pengertian pengurutan wajah
3.9.2
Menguraikan metode
pengurutan wajah
3.9.3
Menjelaskan manfaat pengurutan wajah
3.9.4 Mengklasifikasikan gerakan pengurutan
4.9.1
Menyiapkan kosmetika pengurutan wajah
4.9.2
Melakukan pengurutan wajah berdasarkan teknik gerakan pengurutan wajah
|
·
Mengetahui pengertian
pengurutan wajah
·
Mengetahui metode
pengurutan wajah
·
Mengetahui manfaat
pengurutan wajah
·
Mengetahui
klasifikasi gerakan pokok pengurutan
·
Mengetahui kosmetika
pengurutan wajah
·
Mengetahui
cara pengurutan wajah berdasarkan teknik
gerakan pengurutan
|
3.9.1 tujuan pengurutan wajah
3.9.2 fungsi pengurutan wajah
3.9.3 gerakan pokok pengurutan wajah
3.9.4 Klasifikasi gerakan pengurutan
4.9.1
Menyiapkan kosmetika pengurutan wajah
4.9.2
Melakukan pengurutan wajah berdasarkan teknik gerakan pengurutan wajah
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang metode pengurutan wajah
·
Mengumpulkan data tentang
metode pengurutan wajah
·
Melakukan pengurutan
wajah secara manual dengan berbagai metode
·
Mengolah data tentang
metode pengurutan wajah
·
Mengomunikasikan
tentang metode pengurutan wajah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
·
penugasan
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
|
14 JP
|
1. Kusantati Herni, dkk. 2008. Tata Kecantikan Kulit Jilid 2 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
2.Ermavianti
Dwi, dkk. 2016. Dasar Tata Kecantikan Kulit Untuk Sekolah Menengah Kejujuran
Program Keahlian Pariwisata. D.I.Yogyakarta: Chivita Books
|
3.10
Menerapkan perawatan kulit wajah secara manual
4.10
Melakukan perawatan kulit wajah secara manual
|
3.10.1
Menjelaskan tujuan perawatan wajah manual
3.10.2
Menguraikan manfaat perawatan wajah secara manual
3.10.3
Menentukan alat, bahan dan kosmetika perawatan wajah manual
4.10.1 Menyiapkan
alat, bahan dan kosmetika sesuai perawatan wajah manual
4.10.2
Melakukan perawatan wajah manual sesuai prosedur perawatan
|
·
Mengetahui tujuan
perawatan wajah manual
·
Mengetahui manfaat
perawatan wajah secara
·
Mengetahui alat,
bahan dan kosmetika perawatan wajah manual
·
Mengetahui
cara Menyiapkan alat, bahan dan kosmetika
sesuai perawatan wajah manual
·
Mengetahui
cara Melakukan perawatan wajah manual
sesuai prosedur perawatan
|
3.10.1 tujuan
perawatan wajah manual
3.10.2 manfaat
perawatan wajah secara manual
3.10.3 alat,
bahan dan kosmetika perawatan wajah manual
4.10.1
Menyiapkan alat, bahan dan kosmetika sesuai perawatan wajah manual
4.10.2
Melakukan perawatan wajah manual sesuai prosedur perawatan
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang perawatan kulit wajah secara
manual
·
Mengumpulkan data
tentang perawatan kulit wajah secara manual
·
Melakukan perawatan
kulit wajah secara manual
·
Mengolah data tentang
perawatan kulit wajah secara manual
·
Mengomunikasikan
tentang perawatan kulit wajah secara manual
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
·
penugasan
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
|
14 JP
|
1. Kusantati Herni, dkk. 2008. Tata Kecantikan Kulit Jilid 2 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
2.Ermavianti
Dwi, dkk. 2016. Dasar Tata Kecantikan Kulit Untuk Sekolah Menengah Kejujuran
Program Keahlian Pariwisata. D.I.Yogyakarta: Chivita Books
|
3.11
Menerapkan rias wajah sehari-hari
4.11 Melakukan
rias wajah sehari-hari
|
3.11.1.
Menjelaskan tujuan rias wajah sehari-hari
3.11.2
Menjelaskan macam-macam rias wajah sehari-hari
3.11.3
Menentukan alat, bahan dan kosmetika rias wajah sehari-hari
4.11.1
Menyiapkan alat, bahan dan kosmetika rias wajah sehari-hari
4.11.2
Melakukan rias wajah sehari-hari sesuai prosedur rias wajah
|
·
Mengetahui tujuan
rias wajah sehari-hari
·
Mengetahui macam-macam
rias wajah sehari-hari
·
Mengetahui
alat, bahan dan kosmetika rias wajah sehari-hari
·
Mengetahui
cara Menyiapkan alat, bahan dan kosmetika
rias wajah sehari-hari
·
Mengetahui
cara Melakukan rias wajah sehari-hari
sesuai prosedur rias wajah
|
3.11.1. tujuan
rias wajah sehari-hari
3.11.2
macam-macam rias wajah sehari-hari
3.11.3 alat,
bahan dan kosmetika rias wajah sehari-hari
4.11.1
Menyiapkan alat, bahan dan kosmetika rias wajah sehari-hari
4.11.2
Melakukan rias wajah sehari-hari sesuai prosedur rias wajah
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah tentang rias wajah sehari-hari
·
Mengumpulkan data
tentang rias wajah sehari-hari
·
Melakukan rias wajah
sehari-hari
·
Mengolah data tentang rias wajah sehari-hari
·
Mengomunikasikan
tentang rias wajah sehari-hari
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
·
penugasan
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
|
14 JP
|
1. Kusantati Herni, dkk. 2008. Tata Kecantikan Kulit Jilid 3 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
2.Ermavianti
Dwi, dkk. 2016. Dasar Tata Kecantikan Kulit Untuk Sekolah Menengah Kejujuran
Program Keahlian Pariwisata. D.I.Yogyakarta: Chivita Books
|
3.4
Menganalisis tangan dan kaki
4.4 Melakukan
pemeriksaan tangan dan kaki
|
3.4.1
Menjelaskan pengertian analisa tangan dan kaki 3.4.2 Menguraikan tujuan
analisa tangan dan kaki
3.4.3
Menjelaskan teknik analisa tangan dan
kaki
3.4.4 Menentukan
jenis kulit dan bentuk kuku pada tangan dan kaki
3.4.5
Menganalisis tangan dan kaki
4.4.1
Menyiapkan alat dan lembar diagnose untuk analisa tangan dan kaki
4.4.2
Melakukan pemeriksaan tangan dan kaki
|
·
Mengetahui
pengertian analisa tangan dan kaki
·
Mengetahui
tujuan analisa tangan dan kaki
·
Mengetahui
teknik analisa tangan dan kaki
·
Mengetahui
jenis kulit dan bentuk kuku pada tangan dan kaki
·
Mengetahui analisa tangan dan kaki
·
Mengetahui alat dan lembar diagnosa untuk tangan dan
kaki
·
Mengetahui cara
pemeriksaan tangan dan kaki
|
3.4.1 Pengertian analisa tangan dan kaki
3.4.2 Tujuan analisa tangan dan kaki
3.4.3 Teknik analisa tangan dan kaki
3.4.4 Jenis kulit dan bentuk kuku pada tangan dan kaki
3.4.5 Analisa tangan dan kaki
4.4.1 Menyiapkan alat dan lembar diagnosa untuk tangan dan kaki
4.4.2 Melakukan pemeriksaan tangan dan kaki
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Analisa tangan dan kaki
·
Mengumpulkan data
tentang Analisa tangan dan kaki
·
Melakukan pemeriksaan
tangan dan kaki
·
Menganalisis tangan
dan kaki
·
Mengolah data tentang
Analisa tangan dan kaki
·
Mengomunikasikan
tentang Analisa tangan dan kaki
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
·
penugasan
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
|
14 JP
|
1. Kusantati Herni, dkk. 2008. Tata Kecantikan Kulit Jilid 2 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
2.Ermavianti
Dwi, dkk. 2016. Dasar Tata Kecantikan Kulit Untuk Sekolah Menengah Kejujuran
Program Keahlian Pariwisata. D.I.Yogyakarta: Chivita Books
|
3.8 Menerapkan
peralatan perawatan tangan dan kaki
4.8
Mengoperasikan peralatan perawatan tangan dan kaki
|
3.8.1
Menjelaskan fungsi peralatan perawatan tangan dan kaki
3.8.2
Menguraikan macam-macam peralatan perawatan tangan dan kaki
3.8.3
Menjelaskan cara penggunaan peralatan perawatan tangan dan kaki
4.8.1
Menyiapkan peralatan perawatan tangan dan kaki
4.8.2
Mengoperasikan peralatan perawatan tangan dan kaki
|
·
Mengetahui fungsi
peralatan perawatan tangan dan kaki
·
Mengetahui macam-macam
peralatan perawatan tangan dan kaki
·
Mengetahui cara
penggunaan peralatan perawatan tangan dan kaki
·
Mengetahui peralatan
perawatan tangan dan kaki
·
Mengetahui
cara Mengoperasikan peralatan perawatan
tangan dan kaki
|
3.8.1 fungsi
peralatan perawatan tangan dan kaki
3.8.2
macam-macam peralatan perawatan tangan dan kaki
3.8.3 cara
penggunaan peralatan perawatan tangan dan kaki
4.8.1
peralatan perawatan tangan dan kaki
4.8.2
Mengoperasikan peralatan perawatan tangan dan kaki
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang peralatan perawatan tangan dan kaki
·
Mengumpulkan data
tentang peralatan perawatan tangan dan kaki
·
Mengoperasikan
peralatan perawatan tangan dan kaki
·
Mengolah data tentang
peralatan perawatan tangan dan kaki
·
Mengomunikasikan
tentang peralatan perawatan tangan dan kaki
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
·
penugasan
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
|
14
JP
|
1. Kusantati Herni, dkk. 2008. Tata Kecantikan Kulit Jilid 2 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
2.Ermavianti
Dwi, dkk. 2016. Dasar Tata Kecantikan Kulit Untuk Sekolah Menengah Kejujuran
Program Keahlian Pariwisata. D.I.Yogyakarta: Chivita Books
|
3.3
Menganalisis tubuh
4.3 Melakukan pemeriksaan tubuh
|
3.3.1
Menjelaskan pengertian analisa tubuh
3.3.2
Menguraikan tujuan analisa tubuh
3.3.3
Menjelaskan teknik analisa tubuh
3.3.4
Menentukan bentuk tubuh
3.3.5
Menganalisis tubuh
4.3.1
Menyiapkan alat dan lembar diagnose untuk analisa tubuh
4.3.2
Melakukan pemeriksaan tubuh
|
·
Mengetahui
pengertian analisa tubuh
·
Mengetahui
tujuan analisa tubuh
·
Mengetahui
teknik analisa tubuh
·
Mengetahui
bentuk tubuh
·
Mengetahui
cara menganalisa tubuh
·
Mengetahui
alat dan lembar diagnosa utnuk analisa tubuh
·
Mengetahui
cara pemeriksaan tubuh
|
3.3.1 Pengertian analisa tubuh
3.3.2 Tujuan analisa tubuh
3.3.3 Teknik analisa tubuhh
3.3.4 Menentukan bentuk tubuh
3.3.5 Analisa tubuh
4.3.1 menyiapkan alat dan lembar diagnosa untuk analisa tubuh
4.3.2 melakukan pemeriksaan tubuh
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang
Analisa tubuh
·
Mengumpulkan data tentang Analisa tubuh
·
Melakukan pemeriksaan
tubuh
·
Menganalisis tubuh
·
Mengolah data tentang
Analisa tubuh
·
Mengomunikasikan
tentang Analisa tubuh
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
·
penugasan
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
|
14 JP
|
1. Kusantati Herni, dkk. 2008. Tata Kecantikan Kulit Jilid 3 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
|
3.7 Menerapkan
peralatan perawatan badan
4.7
Mengoperasikan peralatan perawatan badan
|
3.7.1
Menjelaskan fungsi peralatan perawatan badan 3.7.2 Menguraikan macam-macam
peralatan perawatan badan 3.7.3 Menjelaskan cara penggunaan peralatan
perawatan badan
4.7.1
Menyiapkan peralatan perawatan badan 4.7.2 Mengoperasikan peralatan perawatan
badan
|
·
Mengetahui fungsi
peralatan perawatan badan
·
Mengetahui macam-macam
peralatan perawatan badan
·
Mengetahui cara
penggunaan peralatan perawatan badan
·
Mengetahui peralatan
perawatan badan
·
Mengetahui
cara mengoperasikan peralatan perawatan
badan
|
3.7.1 fungsi
peralatan perawatan badan 3.7.2 macam-macam peralatan perawatan badan 3.7.3
cara penggunaan peralatan perawatan badan
4.7.1
Menyiapkan peralatan perawatan badan 4.7.2 Mengoperasikan peralatan perawatan
badan
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang peralatan perawatan badan
·
Mengumpulkan data
tentang peralatan perawatan badan
·
Mengoperasikan
peralatan perawatan badan
·
Mengolah data tentang
peralatan perawatan badan
·
Mengomunikasikan
tentang peralatan perawatan badan
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
·
penugasan
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
|
14
JP
|
1. Kusantati Herni, dkk. 2008. Tata Kecantikan Kulit Jilid 3 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
|
3.2
Menganalisis kulit kepala dan rambut
4.2 Melakukan
pemeriksaan kulit kepala dan rambut
|
3.2.1
Menjelaskan pengertian analisa kulit kepala dan rambut
3.2.2
Menguraikan tujuan analisa kulit kepala dan rambut
3.2.3
Menjelaskan teknik analisa
3.2.4
Menentukan jenis kulit kepala dan rambut
3.2.5
Menganalisis kulit kepala dan rambut
4.2.1
Menyiapkan alat dan lembar diagnose untuk analisa kulit kepala dan rambut
4.2.2
melakukan pemeriksaan kulit kepala dan rambut
|
·
Mengetahui pengertian analisa kulit kepala dan rambut
·
Mengetahui
tujuan analisa kukit kepala dna rambut
·
Mengetahui
teknik analisa kullit kepala dan rambut
·
Mengetahui
jenis kulit kepala dan rambut
·
Mengetahui
cara analisa kulit kepala dan rambut
·
Mengetahui
alat dan lembar diagnosa
·
Mengetahui
cara melakukan pemeriksaan kulit kepala dan rambut
|
3.2.1 Pengertian Analisis kulit kepala
dan rambut
3.2.2 Tujuan analisa kulit kepala dan rambut
3.2.3 Teknik analisa kulit kepala dan rambut
3.2.4 Jenis kulit kepala dan rambut
3.2.5 Analisa kulit kepala dan rambut
4.2.1 Menyiapkan alat dan lembar diagnosa untuk analisa kulit kepala dan
rambut
4.2.2 Melakukan pemeriksaan kulit kepala dan rambut
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang kulit kepala dan rambut
·
Mengumpulkan data tentang kulit
kepala dan rambut
·
Melakukan pemeriksaan kulit kepala dan rambut
·
Menganalisis kulit kepala dan rambut
·
Mengolah data tentang kulit
kepala dan rambut
·
Mengomunikasikan tentang kulit
kepala dan rambut
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
·
penugasan
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
|
14 JP
|
1.
Rostamailis, dkk. 2008.
Tata Kecantikan Rambut Jilid 1 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
|
3.6 Menerapkan
peralatan kecantikan rambut
4.6
Mengoperasikan peralatan kecantikan rambut
|
3.6.1
Menjelaskan fungsi peralatan kecantikan rambut 3.6.2 Menguraikan macam-macam
peralatan kecantikan rambut 3.6.3 Menjelaskan cara penggunaan peralatan
kecantikan rambut
4.6.1
Menyiapkan peralatan kecantikan rambut 4.6.2 Mengoperasikan peralatan
kecantikan rambut
|
·
Mengetahui fungsi
peralatan kecantikan rambut
·
Mengetahui macam-macam
peralatan
·
Mengetahui cara
penggunaan peralatan kecantikan rambut
·
Mengetahui menyiapkan
peralatan kecantikan rambut
·
Mengetahui mengoperasikan
peralatan kecantikan rambut
|
3.6.1 Fungsi peralatan
kecantikan rambut
3.6.2 Macam-macam peralatan kecantikan rambut
3.6.3
Cara penggunaan
peralatan kecantikan rambut
4.6.1 Peralatan kecantikan
rambut
4.6.2 Peralatan kecantikan
rambut
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang peralatan kecantikan rambut
·
Mengumpulkan data
tentang peralatan kecantikan rambut
·
Mengoperasikan
peralatan kecantikan rambut
·
Mengolah data
tentangperalatan kecantikan rambut
·
Mengomunikasikan
tentang peralatan kecantikan rambut
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
·
Tes Tertulis
·
penugasan
Keterampilan:
·
Penilaian Unjuk Kerja
|
14
JP
|
1. Rostamailis, dkk. 2008. Tata Kecantikan Rambut
Jilid 1 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
2.Dasar Kecantikan Rambut Jild 1 oleh Sri Mayrawati,
S.Pd dan Pipih Siti Sofhia, S.Pd
|
3.12 Menerapkan pencucian dan
pengeringan rambut.
4.12 Melakukan pencucian dan
pengeringan rambut.
|
3.12.1 Menjelaskan tujuan pencucian
dan pengeringan rambut
3.12.2 Menguraikan teknik pencucian
rambut
3.12.3 Menguraikan teknik pengeringan
rambut
3.12.4 Membedakan teknik pengeringan rambut
4.12.1 Menyiapkan alat, bahan dan
kosmetika pencucian rambut
4.12.2 Menyiapkan alat, bahan dan
kosmetika pengeringan rambut
4.12.3 Melakukan pencucian rambut
sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP)
4.12.4 Melakukan pengeringan rambut
sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP)
|
·
Mengetahui tujuan pencucian dan pengeringan rambut
·
Mengetahui teknik pencucian rambut
·
Mengetahui teknik pengeringan rambut
Mengetahui Membedakan
teknik pengeringan rambut
·
Mengetahui alat, bahan dan kosmetika pencucian rambut
·
Mengetahui Menyiapkan alat, bahan dan kosmetika
pengeringan rambut
Mengetahui cara Melakukan pencucian rambut sesuai Standar
Operasional Prosedur (SOP)
·
Mengetahui
cara Melakukan pengeringan rambut sesuai Standar
Operasional
|
3.12.1 tujuan
pencucian dan pengeringan rambut
3.12.2 teknik
pencucian rambut
3.12.3 teknik
pengeringan rambut
3.12.4
Membedakan teknik pengeringan rambut
4.12.1
Menyiapkan alat, bahan dan kosmetika pencucian rambut
4.12.2
Menyiapkan alat, bahan dan kosmetika pengeringan rambut
4.12.3
Melakukan pencucian rambut sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP)
4.12.4
Melakukan pengeringan rambut sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP)
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pencucian dan
pengeringan rambut.
· Mengumpulkan
data tentang pencucian dan pengeringan rambut.
· Melakukan
pencucian dan pengeringan rambut
· Mengolah
data tentang pencucian dan pengeringan rambut.
· Mengomunikasikan
tentang pencucian dan pengeringan rambut.
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
· penugasan
Keterampilan:
· Penilaian
Unjuk Kerja
|
14 JP
|
1. Rostamailis, dkk. 2008. Tata Kecantikan Rambut
Jilid 1 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
2.Dasar
Kecantikan Rambut Jild 1 oleh Sri Mayrawati, S.Pd dan Pipih Siti Sofhia, S.Pd
3.Tata
kecantikan rambut tingkat trampil penyusun sartini harahab, martha tilaar DR,
Kusumadewi dll penerbit mutia cipta sarana
|
3.13 Menerapkan metode pengurutan
kulit kepala
4.13 Melakukan pengurutan kulit kepala
dengan berbagai metode
|
3.13.1
Menjelaskan tujuan pengurutan kulit kepala
3.13.2 Menguraikan fungsi pengurutan
kulit kepala
3.13.3 Menjelaskan gerakan pokok
pengurutan kulit kepala
3.13.4 Menentukan teknik pengurutan
kulit kepala
4.13.1 Menyiapkan bahan dan kosmetika
pengurutan kulit kepala
4.13.2 Melakukan pengurutan kulit
kepala berdasarkan teknik gerakan pengurutan kulit kepala
|
·
Mengetahui tujuan pengurutan kulit kepala
·
Mengetahui fungsi pengurutan kulit kepala
·
Mengetahui gerakan pokok pengurutan kulit kepala
·
Mengetahui teknik pengurutan kulit kepala
Mengetahui bahan dan kosmetika pengurutan kulit kepala
Mengetahui cara Melakukan pengurutan kulit kepala
berdasarkan teknik gerakan pengurutan kulit kepala
|
3.13.1 tujuan pengurutan kulit kepala
3.13.2 fungsi pengurutan kulit kepala
3.13.3 gerakan
pokok pengurutan kulit kepala
3.13.4 teknik
pengurutan kulit kepala
4.13.1
Menyiapkan bahan dan kosmetika pengurutan kulit kepala
4.13.2
Melakukan pengurutan kulit kepala berdasarkan teknik gerakan pengurutan kulit
kepala
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang metode pengurutan kulit
kepala
· Mengumpulkan
data tentang metode pengurutan kulit kepala
· Melakukan
pengurutan kulit kepala dengan berbagai metode
· Mengolah
data tentang metode pengurutan kulit kepala
· Mengomunikasikan
tentang metode pengurutan kulit kepala
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
· penugasan
Keterampilan:
· Penilaian
Unjuk Kerja
|
14 JP
|
1. Rostamailis, dkk. 2008. Tata Kecantikan Rambut
Jilid 1 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
2.Dasar
Kecantikan Rambut Jild 1 oleh Sri Mayrawati, S.Pd dan Pipih Siti Sofhia, S.Pd
|
314 Menerapkan perawatan kulit
kepala dan rambut
4.14 Melakukan perawatan kulit
kepala dan rambut
|
3.14.1 Menjelaskan tujuan perawatan
kulit kepala dan rambut
3.14.2 Menguraikan jenis-jenis
perawatan kulit kepala dan rambut
3.14.3 Membedakan perawatan kulit
kepala secara kering dan basah
3.14.4 Menentukan alat, bahan dan
kosmetika perawatan kulit kepala
4.14.1 Menyiapkan alat, bahan dan
kosmetika perawatan kulit kepala dan rambut
4.14.2 Melakukan perawatan kulit
kepala dan rambut sesuai dengan prosedur
|
·
Mengetahui tujuan perawatan kulit kepala dan rambut
Mengetahui jenis-jenis perawatan kulit kepala dan
rambut
·
Mengetahui Membedakan perawatan kulit kepala secara
kering dan basah
Mengetahui alat, bahan dan kosmetika perawatan kulit
kepala
Mengetahui alat, bahan dan kosmetika perawatan kulit
kepala dan rambut
·
Mengetahui
cara Melakukan perawatan kulit kepala dan rambut
sesuai dengan prosedur
|
3.14.1 tujuan perawatan kulit kepala
dan rambut
3.14.2 jenis-jenis perawatan kulit
kepala dan rambut
3.14.3 Membedakan perawatan kulit
kepala secara kering dan basah
3.14.4 alat, bahan dan kosmetika
perawatan kulit kepala
4.14.1 Menyiapkan alat, bahan dan
kosmetika perawatan kulit kepala dan rambut
4.14.2 Melakukan perawatan kulit
kepala dan rambut sesuai dengan prosedur
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang perawatan kulit kepala
dan rambut
· Mengumpulkan
data tentang perawatan kulit kepala dan rambut kecantikan
· Melakukan
perawatan kulit kepala dan rambut
· Mengolah
data tentang perawatan kulit kepala dan rambut
· Mengomunikasikan
tentang perawatan kulit kepala dan rambut
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
· penugasan
Keterampilan:
· Penilaian
Unjuk Kerja
|
14 JP
|
1. Rostamailis, dkk. 2008. Tata Kecantikan Rambut
Jilid 1 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
|
3.15 Menerapkan penataan rambut (styling)
4.15 Melakukan penataan rambut (styling)
|
3.15.1 Menjelaskan tujuan penataan
rambut (styling)
3.15.2 Menguraikan tipe-tipe penataan
rambut (styling)
3.15.3 Menentukan alat, bahan dan
kosmetika penataan rambut (styling)
3.15.4 Menentukan penataan rambut
sesuai dengan bentuk wajah
4.15.1 Menyiapkan alat, bahan dan
komsmetika sesuai tipe penataan rambut
4.15.2 Melakukan penataan rambut
(styling ) berdasarkan prosedur penataan
|
·
Mengetahui tujuan penataan rambut (styling)
·
Mengetahui tipe-tipe penataan rambut (styling)
·
Mengetahui alat, bahan dan kosmetika penataan rambut
(styling)
·
Mengetahui penataan rambut sesuai dengan bentuk wajah
·
Mengetahui alat, bahan dan komsmetika sesuai tipe
penataan rambut
·
Mengetahui
cara Melakukan penataan rambut (styling )
berdasarkan prosedur penataan
|
3.15.1 tujuan
penataan rambut (styling)
3.15.2
tipe-tipe penataan rambut (styling)
3.15.3 alat,
bahan dan kosmetika penataan rambut (styling)
3.15.4
penataan rambut sesuai dengan bentuk wajah
4.15.1
Menyiapkan alat, bahan dan komsmetika sesuai tipe penataan rambut
4.15.2
Melakukan penataan rambut (styling ) berdasarkan prosedur penataan
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penataan rambut (styling)
· Mengumpulkan
data tentang penataan rambut (styling)
· Melakukan
penataan rambut (styling)
· Mengolah
data tentang penataan rambut (styling)
· Mengomunikasikan
tentang penataan rambut (styling)
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
· penugasan
Keterampilan:
· Penilaian
Unjuk Kerja
|
14 JP
|
1. Rostamailis, dkk. 2008. Tata Kecantikan Rambut
Jilid 2 untuk SMK. Jakarta: Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan
Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
2.Dasar
Kecantikan Rambut Jild 2 oleh Sri Mayrawati, M.Pd dan Pipih Siti Sofhia, S.Pd
|
3.16 Menerapkan penataan hairpiece.
4.16 Melakukan penataan hairpiece
|
3.16.1 Menjelaskan pengertian
hairpiece
3.16.2 Menguraikan macam-macam
hairpiece
3.16.3 Menentukan alat, bahan dan
kosmetika penataan hairpiece
4.16.1 Menyiapkan alat, bahan dan
kosmetika penataan hairpiece sesuai desain penataan
4.16.2 Melakukan penataan hairpiece
sesuai dengan desain penataan
|
·
Mengetahui pengertian hairpiece
·
Mengetahui macam-macam hairpiece
·
Mengetahui alat, bahan dan kosmetika penataan hairpiece
·
Mengetahui
cara Menyiapkan alat, bahan dan kosmetika
penataan hairpiece sesuai desain penataan
·
Mengetahui
cara Melakukan penataan hairpiece sesuai dengan
desain penataan
|
3.16.1
pengertian hairpiece
3.16.2
macam-macam hairpiece
3.16.3 alat,
bahan dan kosmetika penataan hairpiece
4.16.1
Menyiapkan alat, bahan dan kosmetika penataan hairpiece sesuai desain
penataan
4.16.2
Melakukan penataan hairpiece sesuai dengan desain penataan
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penataan hairpiece
· Mengumpulkan
data tentang penataan hairpiece
· Melakukan
penataan hairpiece
· Mengolah
data tentang penataan hairpiece
· Mengomunikasikan
tentang penataan hairpiece
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
· penugasan
Keterampilan:
· Penilaian
Unjuk Kerja
|
14 JP
|
1. Rostamailis, dkk. 2008. Tata Kecantikan Rambut
Jilid 1 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
2.Dasar
Kecantikan Rambut Jild 1 oleh Sri Mayrawati, S.Pd dan Pipih Siti Sofhia, S.Pd
2.Yumpo
Kode modul Ram-310 Merawat dan menata haipice dan wig –e- Learning Sekolah
|
3.17 Menerapkan penataan sanggul (up style)
4.17 Melakukan penataan sanggul (up style)
|
3.17.1 Menjelaskan tujuan penataan
sanggul (up style)
3.17.2 Menetukan alat, bahan dan
kosmetika penataan sanggul (up style)
3.17.3 Menguraikan macam-macam penataan
sanggul (up style)
4.17.1 Menyiapkan alat, bahan dan
kosmetika penataan sanggul (upstyle)
4.17.2 Melakukan penataan sanggul
(upstyle) sesuai dengan desain penataan
|
·
Mengetahui tujuan penataan sanggul (up style)
Mengetahui alat, bahan dan kosmetika penataan sanggul
(up style)
·
Mengetahui macam-macam penataan sanggul (up style)
·
Mengetahui
cara Menyiapkan alat, bahan dan kosmetika
penataan sanggul (upstyle)
·
Mengetahui
cara Melakukan penataan sanggul (upstyle) sesuai
dengan desain penataan
|
3.17.1 tujuan
penataan sanggul (up style)
3.17.2 alat,
bahan dan kosmetika penataan sanggul (up style)
3.17.3
macam-macam penataan sanggul (up style)
4.17.1
Menyiapkan alat, bahan dan kosmetika penataan sanggul (upstyle)
4.17.2 Melakukan penataan sanggul
(upstyle) sesuai dengan desain penataan
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penataan sanggul (up style)
· Mengumpulkan
data tentang penataan sanggul (up
style)
· Melakukan
penataan sanggul (up style)
· Mengolah
data tentang penataan sanggul (up style)
· Mengomunikasikan
tentang penataan sanggul (up style)
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
· penugasan
Keterampilan:
· Penilaian
Unjuk Kerja
|
14 JP
|
Yumpo Kode
modul Ram-310 Merawat dan menata haipice dan wig –e- Learning Sekolah
|
3.18 Menerapkan perawatan hairpiece
4.18 Melakukan perawatan hairpiece
|
3.18.1 Menjelaskan tujuan perawatan
hairpiece
3.18.2 Menguraikan taknik pencucian
hairpiece
3.18.3 Menjelaskan cara penyimpanan
hairpiece
3.18.4 Menentukan alat, bahan dan
kosmetika perawatan hairpiece
4.18.1 Menyiapkan alat, bahan dan
kosmetika perawatan hairpiece
4.18.2 Melakukan perawatan hairpiece
sesuai dengan teknik pencucian
hairpiece
|
·
Mengetahui tujuan perawatan hairpiece
·
Mengetahui taknik pencucian hairpiece
·
Mengetahui cara penyimpanan hairpiece
·
Mengetahui alat, bahan dan kosmetika perawatan
hairpiece
·
Mengetahui
cara Menyiapkan alat, bahan dan kosmetika
perawatan hairpiece
·
Mengetahui
cara Melakukan perawatan hairpiece sesuai dengan
teknik pencucian hairpiece
|
3.18.1 tujuan
perawatan hairpiece
3.18.2 taknik
pencucian hairpiece
3.18.3
Menjelaskan cara penyimpanan hairpiece
3.18.4 alat,
bahan dan kosmetika perawatan hairpiece
4.18.1
Menyiapkan alat, bahan dan kosmetika perawatan hairpiece
4.18.2 Melakukan perawatan hairpiece
sesuai dengan teknik pencucian
hairpiece
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang perawatan hairpiece
· Mengumpulkan
data tentang perawatan hairpiece
· Melakukan
perawatan hairpiece
· Mengolah
data tentang perawatan hairpiece
· Mengomunikasikan
tentang perawatan hairpiece
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Santun
·
Kerjasama
·
Toleran
·
Tanggung
jawab
·
Peduli
·
Gotong
royong
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
· penugasan
Keterampilan:
· Penilaian
Unjuk Kerja
|
14 JP
|
1.Tata
kecantikan rambut tingkat trampil penyusun Sartini Harahab, Martha tilaar DR,
Kusumadewi dll. penerbit Meutia Cipta Sarana
2. Yumpo
Kode modul Ram-310 Merawat dan menata haipice dan wig –e- Learning Sekolah
|
Mengetahui :
|
Kudus, 18 Juli 2017
|
Kepala SMK PGRI 1 Mejobo
Kudus
|
Guru Mata Pelajaran
|
|
|
Drs. Joko Waluyo, M. Pd
|
Fitria Nurvitasari, S.Pd
|
|
|
Ijin untuk mendownload file. Terimakasih. Semoga menjadi amal soleh
BalasHapusBagaimana cara mendownlodnya
BalasHapus