Tinta Printer Tidak Keluar atau Macet (Tidak Ada Tulisan) | solusi printer error

Semaka Komputer - Printer merupakan perangkat keras yang terhubung ke sebuah komputer yang digunakan untuk mencetak atau menampilkan apa yang ditampilkan di layar komputer ke selembar kertas atau lebih. Zaman sekarang pembuatan dokumen banyak menggunakan komputer, karena lebih praktis dan mudah diperbaiki jika terjadi kesalahan pengetikan dibandingkan dengan menggunakan mesin ketik manual. Selain tulisan, gambar dan foto pun dapat dengan mudah dicetak oleh pengguna komputer dengan menggunakan printer tanpa harus datang ke tempat pencetakan foto. Namun, printer hanyalah sebuah perangkat yang tentu juga akan mengalami banyak masalah, di antaranya tinda printer tidak keluar atau tidak dapat menulis di kertas alias macet.

Printer inkjet adalah printer yang menggunakan tinta cair, cara kerja printer ini dengan cara menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas yang dijadikan tempat pencetakan melalui lubang pipa yang kecil atau mulut semprot (nozzle). Hasil cetakan dengan menggunakan tinta cair ini butuh waktu beberapa detik sebelum tintanya menjadi kering dan tidak rusak jika disentuh. Namun, printer ini juga sering mengalami kerusakan yaitu terjadinya penyumbatan pada saluran maupun tempat penyemprot tinta, biasanya akibat banyaknya penumpukan tinta yang mengering pada saluran tersebut yang membuat tinta tidak hanya keluar sedikit (putus-putus) bahkan tidak dapat keluar sama sekali (tidak ada tulisan yang tampil). Printer inkjet ini lebih banyak digunakan saat ini, karena harganya lebih murah dan sudah dapat mencetak tulisan dan gambar/foto. Dua produsen tinta inkjet yang banyak beredar di pasaran yaitu merek hp dan Cannon.

Permasalahan printer macet atau cartridge printer cannon macet atau tidak mau mengeluarkan tinta atau tulisan pada kertas dapat diatasi dengan menggunakan beberapa cara di bawah ini:

  1. Pastikan tinta masih ada, coba diingat-ingat kembali kapan terakhir mengisi tinta ke dalam tabung tinta (cartridge) dan berapa banyak yang sudah dicetakknya. Jika sudah waktunya mengisi tinta, silakan isi tinta ke dalam tabung maksimal sekitar 3 ml, jangan berlebihan, karena tinta akan meluap dan bocor pada bagian bawahnya. Jika menggunakan sistem infus, cek apakah tinta dalam botol masih ada atau sudah habis, pastikan aliran tinta pada selang tidak ada yang terputus oleh gelembung udara, jika ada gelembung udara, buka penutup tabung infus dan coba keluarkan udara yang terperangkap pada selang infus.
  2. Jika tinta sudah ada, namun tetap tidak keluar. Coba lepaskan cartridge dan lihat pada bagian bawahnya (head) apakah ada tinta, atau tintanya meluber, coba dilap dengan kertas tisu secara lembut, kemudian pasang kembali cartridge ke tempatnya. Lakukan tes cetak kembali.
  3. Setelah dicoba tetap tidak mau keluar tulisannya, coba di tingkatkan kualitas cetakknya ke yang lebih tinggi (high) dari menu Properties, kemudian pilih tab Utama atau Advanced, selanjutnya ganti dari Standar (N) menjadi Tinggi atau High (G). Tekan tombol OK, dan coba lakukan pencetakan kembali.
  4. Jika masalah belum juga teratasi, coba lakukan pemeriksaan mulut semprot dari tab Maintenance atau Perawatan, selanjutnya pilih tombol "Pembersihan" maupun "Pembersihan Tingkat Dalam". Apakah sudah dapat menampilkan tulisan pola kotak-kotak, jika iya, coba lakukan pencetakan kembali.
  5. Jika tinta belum juga mau keluar atau tidak ada tulisan sama sekali, coba bersihkan cartridge dengan cara merendam bagian bawahnya ke dalam air panas atau ke dalam cairan pembersih khusus tinta mampet atau nyumbat. Jika belum juga berhasil coba buka penutup cartridge bagian atas dengan benda pipih dan cuci bagian dalam cartridge serta lepaskan dan bersihkan juga busa yang ada di dalamnya dari tinta serta bagian bawah/tempat tinda keluar juga dibersihkan dengan air keran yang mengalir deras. Selanjutnya dilap atau keringkan sisa-sisa air, selanjutnya diisi kembali dengan tinta sekitar 2-3 ml, dan lakukan pencetakan ulang. Jika belum berhasil, coba ulangi langkat pembersihan seperti di atas yaitu dari tab "Maintenance/Perawatan". Biasanya tulisan akan keluar.
keywords : Tinta Printer Tidak Keluar atau Macet (Tidak Ada Tulisan) | solusi printer error

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tinta Printer Tidak Keluar atau Macet (Tidak Ada Tulisan) | solusi printer error"

Posting Komentar